Sports

Jamal Musiala Pemain lini tengah Timnas Jerman Jadi Top Angka Sementara Euro 2024, Ini adalah Profilnya

9
×

Jamal Musiala Pemain lini tengah Timnas Jerman Jadi Top Angka Sementara Euro 2024, Ini adalah Profilnya

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Gelandang Timnas Jerman, Jamal Musiala masuk ke pada jajaran top skor sementara Piala Eropa atau Euro 2024. Pesepak bola muda usai 21 tahun itu menduduki sikap puncak dengan pemain Georgia, Georges Mikataudze. Keduanya berbagi tempat dengan mengantongi setiap-tiap tiga gol di laga paling bergengsi se-Eropa itu sejauh ini.

Musiala menghimpun tiga golnya pada tiga pertandingan terakhir. Gol terbarunya pada waktu berhadapan dengan Denmark ke fase 16 besar pada Ahad, 30 Juni 2024 dini hari waktu Indonesia. Adapun dua gol lainnya didapatkan dari pertandingan di dalam fase penyisihan kontra Skotlandia serta Hungaria. Saat Jerman berhadapan dengan Swiss, ia absen.

Profil Jamal Musiala, Top Hasil sementara Euro 2024

Jamal Musiala merupakan pesepak bola yang mana pada waktu ini berkandang pada Bayern Munich, klub pada Bundesliga. Pemuda kelahiran 26 Febuari 2023 di dalam Stuttgart, Jerman ini miliki dua kewarganegaraan. Selain sebagai warga negara pada tanah kelahiran, Musiala juga tercatat sebagai penduduk Inggris. Saat ini Musiala membela Jerman pada Euro 2024, tetapi beliau pernah pula menjadi bagian dari Timnas Inggris.

Buah hati Daniel Richard kemudian Carolin Musiala ini merupakan sulung tiga bersaudara. Dua adiknya yakni Jerrell Musiala serta Latisha Musiala. Musiala sudah ada menggemari si lapisan kulit bundar sejak kecil. Hobi itu didukung warga tuanya. Musiala kecil dimasukkan ke sekolah sepak bola pada waktu usia 7 tahun dalam akademi Southampton pada November 2010.

Tepat 5 bulan kemudian, April 2011, ia pindah ke Chelsea Youth, Inggris. Musiala menghabiskan masa remajanya pada negeri kelahiran sang ayah itu hingga 2019. Selama pada sana, Musiala yang digunakan juga berstatus penduduk setempat kemudian direkrut untuk meningkatkan kekuatan Timnas Inggris dari level U-15 hingga U-21. Dia tercatat memcetak 10 gol sepanjang kariernya di dalam Timnas Britania Raya itu, dikutipkan dari Transfermarkt.

Selama pada Inggris, beliau juga pernah dipanggil Timnas Jerman mengisi lini U-16 pada 2016 lalu tampil dua kali. Kemudian, setelahnya delapan tahun ke Inggris, Musiala akhirnya memutuskan kembali ke negara kelahirannya. Dia boyong ke Jerman pada musim 2019-2020 juga bergabung dengan FC Bayern dalam lini U17. Meski pada Jerman, ia kekal membela Timnas Inggris hingga musim 2020-2021.

Di penghujung tahun, Musiala tak lama kemudian memutuskan membela grup senior Jerman pada November 2021. Keputusan itu merupakan pilihan berat baginya. Sebab, di pada waktu yang mirip skuat Inggris juga membutuhkannya untuk bertarung dengan tim Jerman. Usut punya usut, godaan bergabung dengan timnas Jerman itu sudah dihembuskan bahkan sejak Musiala masih dalam Timnas Inggris.

“Saya hanya saja ingin bermain sepak bola. Dan impian saya adalah bergabung pada laga-laga besar di mana saya bisa jadi berkontribusi dalam dalamnya,” ujar Musiala sebelum laga bertarung dengan Timnas Inggris. Namun, ia menyatakan senang dengan pilihannya. “Jelas ini bukanlah langkah mudah-mudahan untuk diambil dan juga itu kebijakan yang mana saya pikirkan sangat lama.”

Musiala menerima panggilan pertamanya ke Timnas Jerman untuk kualifikasi Piala Global FIFA 2022 pada Maret 2021. Debutnya dimulai pada 25 Maret ketika berjuang melawan Islandia. Pada 23 Juni 2021, ia berubah jadi pemain Jerman termuda yang digunakan tampil dalam kompetisi besar. Saat itu ia dipercaya main pada pertarungan Jerman vs Hungaria yang mana berakhir dengan skor 2-2 pada Piala Eropa 2020 ke usia yang baru menginjak 18 tahun.

Menurut catatan Transfermarkt, selama membela Timnas Jerman pada musim-musim lalu, pemain dengan nomor punggung 42 ini sudah pernah tampil di 33 pertandingan serta menyumbangkan lima gol. Musiala lebih banyak mentereng di Bundesliga. Dalam penampilannya di dalam liga bergengsi Jerman itu, ia gemilang dengan catatan 33 gol serta 25 sejak berkarier dengan Bayern Munich. Musiala disebut-sebut sebagai salah satu pemain muda terbaik ke dunia.

Pada Oktober 2023 lalu, dua klub papan berhadapan dengan Kejuaraan Inggris, Manchester City lalu Liverpool, ancang-ancang menggondol Musiala. Musiala, yang tersebut baru tampil dua kali sebagai starter di dalam Bundesliga musim 2023-2024 dilaporkan gerah sebab jarang dimainkan. Padahal ia berkontribusi besar berhadapan dengan kemenangan Bayern di dalam liga yang disebutkan pada musim sebelumnya. Tawaran Manchester City lalu Liverpool membuka potensi dirinya kembali ke Kejuaraan Inggris.

Lirikan Manchester City juga Liverpool menghasilkan Bayern Munchen ketar-ketir. Bagaimanapun, Musiala adalah aset bagi The Bavarians. Maret lalu, manajemen The Bavarians dilaporkan berada dalam berjuang melindungi pemain Timnas Jerman itu selama kemungkinan besar di Allianz Arena. Jurnalis dengan syarat Italia, Fabrizio Romano, menyampaikan Bayern Munchen siap menawarkan perpanjangan kontrak untuk Musiala. Musiala juga dikabarkan akan datang mendapatkan kenaikan gaji.

“Itu adalah prioritas utama Bayern pada waktu ini. Kontrak terkini Musiala akan berakhir pada Juni 2026, ke sedang banyaknya klub top yang dimaksud memantaunya,” kata Romano.

Terbaru, “sang berlian Musiala” terus menunjukkan kilaunya. Dalam laga Euro 2024, beliau bermetamorfosis menjadi salah satu top skor. Membuktikan bahwa Jamal Musiala memang benar layak disebut sebagai satu dari beberapa pemain muda terbaik di dalam bumi dekade ini.

HENDRIK KHOIRUL MUHID  | SKOR.ID | TRANSFERMARKT

Artikel ini disadur dari Jamal Musiala Gelandang Timnas Jerman Jadi Top Skor Sementara Euro 2024, Ini Profilnya