Lifestyle

Jalan-jalan ke Museum Bank Indonesia, Ini adalah Sejarah Museum ke Jalan Pintu Besar Ibukota Indonesia Barat

4
×

Jalan-jalan ke Museum Bank Indonesia, Ini adalah Sejarah Museum ke Jalan Pintu Besar Ibukota Indonesia Barat

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Selain sebagai bank sentral yang dimaksud bersifat independen dengan tugas melindungi kestabilan keuangan negara Indonesia, Bank Indonesia atau BI juga dikenal dengan gedungnya yang tersebut mempunyai nilai estetika besar juga wisata sejarah lalu edukasi yang dimaksud mendebarkan lewat Museum Bank Negara Indonesia yang tersebut dimilikinya. 

Adapun Museum Bank Tanah Air atau MuBI terletak di Jalan Pintu Besar Utara No.3, Kelurahan Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Perkotaan DKI Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Kilas Balik Sejarah Pendirian Museum Bank Indonesia

Dilansir dari laman ensiklopedia Kemendikbud, binaan Museum Bank Negara Indonesia pada awalnya digunakan sebagai kantor pusat dari institusi perbankan kolonial, De Javasche Bank. Kantor ini sudah digunakan sejak 1913 juga mengalami beberapa renovasi dan juga pemugaran di perjalanan sejarahnya sebelum kemudian beralifungsi bermetamorfosis menjadi Museum Bank Nusantara atau MuBI yang tersebut berubah menjadi salah satu wisata menantang di dalam wilayah Jakarta. 

Dikutip dari laman resmi Bank Nusantara atau BI, Museum BI mampu disebut sebagai kompleks yang mempunyai nilai sejarah yang mana tinggi. otoritas pun sudah menetapkan bangunan yang dimaksud berubah menjadi cagar budaya sesuai SK Kepala daerah Provinsi DKI DKI Jakarta No.475 tahun 1993.

Pelestarian struktur BI juga sejalan dengan kebijakan pemerintahan DKI DKI Jakarta yang digunakan mencanangkan wilayah Perkotaan Tua sebagai salah satu area bersejarah di Jakarta. Adapun BI bermaksud menyajikan pengetahuan terkait peran BI di perjalanan sejarah bangsa, diantaranya memaparkan latar belakang kebijakan BI yang diambil dari waktu ke waktu sehingga keberadaan Museum BI dinilai penting. 

Fasilitas Museum

Pada 15 Desember 2006, Museum BI akhirnya dibuka untuk umum oleh Pengelola Bank Indonesia, Burhanuddin Abdullah, yang mana selanjutnya diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono pada 21 Juli 2009 dengan menambahkan serta menyempurnakan tata pamer, juga menerapkan teknologi multimedia interaktif.

Saat berkunjung ke MuBI, pengunjung dapat menikmati beragam sarana wisata edukasi yang menarik, pada antaranya:

Ruang Auditorium
Ruang ini digunakan bagi pengunjung rombongan, ataupun komunitas, sebagai tempat penyelenggaraan beragam kegiatan seperti seminar, workshop, diskusi, serta edukasi publik.

Ruang Serbaguna

Bagian ini terletak dalam lantai dasar, beraneka event seperti workshop, bazar, diskusi, ramah tamah dan juga masih berbagai lagi biasanya diselenggarakan di ruangan ini. 

Tata Pamer Temporer

Beragam pameran tematik lalu bazar diadakan pada ruang ini pada periode waktu tertentu. Adapun tata pamer yang dimaksud tersedia antara lain: Metamorfosis Logo Bank Indonesia, Ruang Emas Moneter, Ruang Numismatik, juga Immersive Cinema. 

Masjid kemudian Area Parkir

Untuk menjamin kenyamanan bagi para pengunjung, MuBi dilengkapi dengan infrastruktur masjid sebagai tempat beribadah serta area parkir berubah-ubah kendaraan mulai dari sepeda gowes motor, mobil, hingga bus.

Tata Cara Pembelian Tiket
Untuk kunjungan pribadi, pengunjung bisa jadi datang segera ke Museum Bank Negara Indonesia kemudian membeli tiket di lobi sebesar Rp5.000. Bagi para pelajar, dapat menggunakan kartu identitas yang digunakan dimiliki untuk mendapatkan pelayanan wisata gratis pada MuBI.

Sementara untuk kunjungan rombongan, para koordinator wajib menghubungi pihak Museum untuk mendapatkan tiket masuk. Adapun informasi mengenai Museum Bank Tanah Air bisa saja diakses platform digital berikut ini:

WhatsApp resmi MuBI : 0812-9157-3940 
Email : museum@bi.go.id
Instagram : museum_bi

Jadwal Buka 
Selasa-Minggu: 08.00-15.30 WIB
Jumat: 11.00-13.00 WIB
Tutup: Hari Mulai Pekan juga Libur Nasional

Artikel ini disadur dari Jalan-jalan ke Museum Bank Indonesia, Ini Sejarah Museum di Jalan Pintu Besar Jakarta Barat