Sports

Nusantara Sudah Loloskan 32 Atlet dari 8 Pusat Olahraga untuk Paralimpiade Paris 2024

9
×

Nusantara Sudah Loloskan 32 Atlet dari 8 Pusat Olahraga untuk Paralimpiade Paris 2024

Sebarkan artikel ini

TEMPO.CO, Solo – Nusantara telah lama meloloskan 32 atlet dari delapan cabang olahraga untuk tampil pada Paralimpiade Paris 2024. Kompetisi olahraga bagi atlet disabilitas itu akan datang dilakukan 28 Agustus hingga 8 September mendatang.

Wakil Sekretaris Jenderal NPC Nusantara Rima Ferdianto mengonfirmasi hal yang dimaksud di konferensi pers Penandatanganan Kerja Sama NPC Indonesia dengan Mills. 

“Jumlah itu masih bisa saja bertambah lantaran masih ada finalisasi dari cabang olahraga yang masih dipertandingkan,” ujar Rima ke Kusuma Sahid Prince Hotel Solo, Jawa Tengah, Senin, 1 Juli 2024.

Dia mengungkapkan dari cabang olahraga atletik, angkat berat, cycling, bocchia, kemudian tenis meja kursi roda masih terdapat pertandingan untuk berkompetisi merebut tiket ke Paralimpiade Paris 2024. 

Rima menyebut, di Paralimpiade Paris 2024, NPC memiliki target perolehan satu medali emas, empat medali perak, lalu empat medali perunggu. Jika dibandingkan dengan Paralimpiade 2021, perolehan medali emas justru lebih lanjut banyak akibat pada waktu itu Tanah Air berhasil menggondol 2 emas. 

“Ya kalau tahun 2021 kami memang benar mendapatkan 2 emas, 3 perak, dan juga 4 perunggu. Namun sebab tahun ini nomor andalan kami dari cabang olahraga badminton (bulu tangkis) ganda putri dihapus, maka untuk emas kami targetkan 1 medali, sedangkan untuk perak kita jadi 4 perak kemudian perunggu 4 juga,” ujar dia.

Adapun cabang olahraga bocchia, panahan, angkat berat, serta atletik diharapkan mampu menyumbangkan medali perak atau perunggu. 

NPC Tanah Air akan berkompetisi di 10 cabang olahraga ke event Paralimpiade Paris 2024 tersebut. Unit olahraga itu adalah panahan, menembak, angkat berat, atletik, renang, bocchia, cycling, tenis meja, badminton, kemudian blind judo. Para atlet NPC Indonesia telah terjadi dipersiapkan juga menjalani pemusatan latihan sejak Januari lalu.

Adapun NPC Indonesia resmi bekerja identik dengan hasil apparel di negeri, yakni Mills. Nantinya semua item Mills akan dikenakan oleh kontingen NPC Indonesia, salah satunya yang digunakan akan terjun dalam event Paralimpiade Paris 2024.

Ketua NPC indonesia Senny Marbun mengakui terlibat bangga dengan kerja sebanding ini. NPC Negara Indonesia turut mengupayakan merek atau produk-produk di negeri. Hal ini yang tersebut jadi salah satu alasan kerja serupa NPC Tanah Air dengan PT Mitra Kreasi Garmen, yang digunakan jadi perusahaan pembuat komoditas Mills akhirnya terjalin.

“Kami bangga menggunakan Mills yang merupakan made in Indonesia. Kami bergabung mengapresiasi hasil karya anak bangsa. Semoga kedepannya Mills semakin besar, lalu semakin banyak penduduk Negara Indonesia yang mana bangga menggunakan Mills,” ucap Senny.

Senny mengakui sudah ada menggunakan Mills untuk kostum atlet Nusantara sejak 2021 ketika terjun pada Paralimpiade Tokyo. 

Rima menambahkan barang Mills akan digunakan dalam Paralimpiade Paris 2023. Baik oleh atlet, pelatih, hingga tim official Negara Indonesia di dalam perlombaan dunia tersebut. “Waktu di Paralimpiade Tokyo kami juga telah mengenakan Mills untuk seragam kontingen. Setelah itu kami pakai apparel ini lagi pada kompetisi ASEAN Para Games dalam Solo serta juga Kamboja,” ucap dia.

Kerja sejenis NPC Nusantara dan juga juga Mills juga tidaklah hanya sekali akan berjalan hingga Paralimpiade 2024 pada Pusat Kota Paris, Prancis saja, namun akan berjalan hingga ke Paralimpiade Los Angeles 2028. 

Pilihan Editor: 10 Fakta Menarik Jelang Duel Rumania vs Belanda dalam Babak 16 Euro 2024 Waktu senja Ini

 

Artikel ini disadur dari Indonesia Sudah Loloskan 32 Atlet dari 8 Cabang Olahraga untuk Paralimpiade Paris 2024