Lifestyle

Hindari cuaca buruk, kapal hilang di dalam Maluku Utara berlindung dalam pulau

6
×

Hindari cuaca buruk, kapal hilang di dalam Maluku Utara berlindung dalam pulau

Sebarkan artikel ini
Hindari cuaca buruk, kapal hilang pada pada Maluku Utara berlindung pada pulau

Bandung, Jawa Barat – Tim Pencarian lalu Pertolongan (SAR) menyatakan sebuah kapal yang dimaksud sempat dilaporkan hilang kontak pada waktu berlayar di dalam perairan Halmahera Barat, Maluku Utara (Malut) ternyata berlindung di sebuah pulau untuk menjauhi cuaca ekstrem.

Kepala Kantor SAR Ternate Fathur Rahman pada penjelasan yang tersebut diterima di Bandung, Jawa Barat, Kamis, memaparkan kapal bernama Ebenheizer itu mengangkut 11 khalayak dari Pelabuhan Tobaol Ibu Halmahera Barat dengan tujuan Desa Mayau, Pulau Batang Dua.

Tapi pelaku SAR menerima aduan dari pihak keluarga penumpang kalau kapal tidaklah kunjung tiba hingga Selasa (25/6) waktu malam atau lebih besar dari delapan jam pasca angkat jangkar.

Beberapa ketika pasca menerima laporan, kata dia, satu kapal KN SAR 237 Pandudewanata dikerahkan untuk melakukan operasi pencarian ke area terakhir sebagaimana yang dimaksud dilaporkan pihak keluarga.

Menurut dia, pada berada dalam tahapan pencarian berlangsung hingga Rabu (26/6) waktu malam regu SAR menerima informasi dari personel TNI AL pada Mayau bahwa kapal Ebenheizer beserta seluruh penumpangnya telah tiba di keadaan selamat.

Kepada personel KN SAR, pengemudi kapal Ebenheizer mengaku dia menghadapi cuaca ekstrem ketika berlayar sehingga memutuskan untuk berlindung, sembari mengantisipasi cuaca membaik lalu mengikat kapal ke rompon dalam sekitar pulau perairan Maluku Utara.

Kondisi yang disebutkan yang digunakan menyebabkan dia hilang kontak kemudian terlambat tiba ke Pulau Batang Dua.

Dikarenakan semua awak hingga para penumpang kapal dipastikan selamat serta sudah ada kembali untuk keluarga maka Kantor SAR Ternate menangguhkan operasi.

 

Artikel ini disadur dari Hindari cuaca buruk, kapal hilang di Maluku Utara berlindung di pulau