Lifestyle

HANI 2024, rakyat diajak berpindah sama-sama lawan peredaran narkoba

9
×

HANI 2024, rakyat diajak berpindah sama-sama lawan peredaran narkoba

Sebarkan artikel ini
HANI 2024, rakyat diajak berpindah sama-sama lawan peredaran narkoba

Ibukota – Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2024 pada Nusantara pada 26 Juni mengangkat tema "Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Nusantara Bersinar".

"Salah satu komitmen pada pengumuman ini adalah warga meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar dengan mengambil bagian menghindari lalu berperang melawan peredaran narkoba," kata Kepala BNN Pusat Kota (BNNK) Ibukota Utara Kombes Pol Bambang Yudistira pada pernyataannya tentang Hari Anti Narkotika Internasional 2024 pada Jakarta, Rabu.

Sebelumnya, Pada kegiatan HANI 2024, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) telah dilakukan memacu masyarakat ke kawasan pesisir melaksanakan pengumuman anti narkoba, contohnya seperti yang mana diadakan di dalam Museum Bahari, Ibukota Utara, Awal Minggu (24/6) lalu.

Perjuangan berhadapan dengan peredaran narkoba masih panjang, dengan munculnya 1.150 jenis narkoba baru di dalam globus serta 91 pada antaranya sudah pernah masuk ke Indonesia.

Selain itu, wilayah-wilayah yang digunakan berada di dalam area penyangga kota, pesisir pantai hingga yang mana berbatasan secara langsung dengan negara tetangga berubah menjadi jalur yang mana sangat rawan dengan peredaran gelap narkoba, katanya.

Namun tempat pesisir menjadi yang dimaksud paling rawan penyelundupan narkoba sebab 80 persen penyelundupan narkoba ke Negara Indonesia melalui jalur laut, ujarnya.

"Sistem pengamanan dalam perairan lepas pantai yang digunakan masih lemah oleh sebab itu panjangnya garis pantai dapat dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan narkoba untuk menyelundupkan narkoba.

Akibatnya, area pesisir berubah menjadi salah satu area yang digunakan rawan terhadap modus penyelundupan narkoba, katanya.

Wilayah Ibukota Utara yang dimaksud berada di dalam pinggiran Ibukota juga di dalam pesisir pantai, sehingga mendapat perhatian khusus dari Kepala BNN.

Kepala BNN Daerah Perkotaan Ibukota Indonesia Utara menghadirkan seluruh elemen masyarakat untuk lebih banyak peduli terhadap lingkungan serta melakukan upaya pencegahan serta pemberantasan penyalahgunaan narkoba sesuai dengan tugas juga fungsi masing-masing.

Dengan komitmen bersama-sama bergerak berjuang melawan narkoba, Kepala BNNK berharap upaya yang disebutkan dapat mewujudkan DKI Jakarta Utara Bersinar (bersih dari narkoba).

"Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan petunjuk serta kekuatan terhadap seluruh pihak untuk dapat melaksanakan tugas mulia ini," kata Bambang menandaskan.

 

Artikel ini disadur dari HANI 2024, masyarakat diajak bergerak bersama lawan peredaran narkoba