Internasional

Gunung Etna ke Italia meletus keluarkan asap serta abu

7
×

Gunung Etna ke Italia meletus keluarkan asap serta abu

Sebarkan artikel ini
Gunung Etna ke Italia meletus keluarkan asap juga abu

Roma – Gunung Etna pada Italia, salah satu gunung berapi paling berpartisipasi ke Eropa, meletus dahsyat disertai lava serta abu pada Jumat.

Sebelumnya sudah pernah berlangsung peningkatan aktivitas pada gunung berapi kerucut setinggi sekitar 3.300 meter yang digunakan terletak ke pulau Sisilia selama beberapa hari terakhir, menurut laporan media lokal.

Aktivitas teristimewa terlihat di kawah Voragine, yang tersebut mulai meletus dahsyat disertai lava serta abu. Aliran lava juga teramati dari kawah Voragine menuju kawah lainnya.

Menurut perkiraan kantor wilayah Institut Nasional Geofisika juga Vulkanologi (INGV) Italia dalam Catania, abu yang tersebut dikeluarkan dari Etna mencapai ketinggian sekitar 4,5 kilometer kemudian menggerakkan ke arah tenggara.

Akibat awan abu, INGV mengeluarkan peringatan keras kode merah bagi pesawat yang dimaksud menyeberangi wilayah tersebut.

Departemen Perlindungan Sipil, yang digunakan berafiliasi dengan Kantor Utama Menteri, juga mengeluarkan peringatan tegas kode jaundice akibat aktivitas gunung berapi itu.

Aktivitas vulkanik seperti letusan abu juga lava dari Etna terlihat dari Catania kemudian kota-kota sekitarnya, lalu abu juga dilaporkan menghujani Catania.

Gunung Etna merupakan gunung berapi berpartisipasi tertinggi pada Eropa, meletus dahsyat terakhir kali mengeluarkan abu kemudian lava pada Desember 2023.

Sumber: Anadolu

Artikel ini disadur dari Gunung Etna di Italia meletus keluarkan asap dan abu