Lifestyle

FSB 2024 tampilkan ragam seni budaya nusantara kemudian UMKM 

10
×

FSB 2024 tampilkan ragam seni budaya nusantara kemudian UMKM 

Sebarkan artikel ini
FSB 2024 tampilkan ragam seni budaya nusantara kemudian UMKM 

DKI Jakarta – Mitra Seni Nusantara (MSI) tahun ini kembali menyelenggarakan Festival Seni dan juga Bazaar (FSB) menampilkan keanekaragaman seni budaya nusantara yang mana dihadiri oleh 80 item bidang usaha Mikro Kecil lalu Menengah (UMKM) pada rangka memeriahkan ulang tahun ke-497 Jakarta, Hari Anak Nasional juga menyambut Hari Kebaya Nasional.

Melalui pernyataan pers yang dimaksud diterima, Kamis, Kementerian Wisata juga Perekonomian Kreatif Sandiaga Salahudin Uno di sambutannya mengapresiasi acara Festival Seni serta Bazaar ini akibat bisa saja menjadi event memperkenalkan seni serta budaya sekaligus pelestarian budaya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu sarana mengangkat nama Tanah Air dan juga memperkenalkannya secara luas. Acara sama harus banyak diadakan dengan menggerakkan komunitas yang dimaksud ada pada Indonesia. Dengan demikian MSI dapat berubah jadi penggerak seni dan juga budaya,” kata Menteri Sandi.

Sementara itu Ketua Umum Mitra Seni Tanah Air Sari Ramdani, mengungkapkan kegiatan ini merupakan yang tersebut ketiga kalinya diadakan dengan menampilkan kolaborasi pelatihan seni MSI dengan beragam tarian Nusantara, mulai dari musik tradisional kolintang, angklung bahkan maestro kolintang.

Menurut Sari Ramdani, anggota Mitra Seni Indonesi ketika ini mencapai 900 warga lebih lanjut terdiri berhadapan dengan usia muda hingga yang dimaksud tertua adalah 86 tahun. Ini adalah membuktikan seni diidolakan juga bisa saja dinikmati beragam kalangan.

“Seni bersifat universal. Karya seni dapat dinikmati oleh siapa belaka bukan bergantung RAS, Bahasa, negara serta juga perbedaan. Melalui seni kemudian budaya kita dapat dipersatukan,” tegas Sari Ramdani.

Berbagai pengembangan dan juga kreativitas yang dihasilkan pelaku industri kreatif memerlukan wadah untuk mengekspresikan karyanya, salah satunya melalui Bazar lalu pameran. Sari berharap FSB dapat menyokong pelaku ekonomi kreatif bersinergi dengan pelaku budaya.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Ibukota Iwan Hendri Wardhana di dalam Gedung Lembaga Penguraian Sektor Keuangan Tanah Air (LPPI) Kemang Ibukota Selatan Kamis (27/6). Penggiat Budaya Iwet Ramadhan tampil di bincang bincang memaknai Indonesia melalui karya seni.

Festival Seni serta Budaya 2024 yang tersebut berlangsung empat hari, mengangkat Budaya Betawi yang dimaksud dimeriahkan Gambang Kromong pada hari pertama, dan juga Budaya Jawa pada hari kedua, budaya Sulawesi Selatan pada hari ketiga, serta budaya nusantara pada hari keempat.

Festival Seni juga Bazar MSI yang dimaksud juga didukung I-Radio Jakarta, menghadirkan anak-anak disabilitas down syndrome untuk berpartisipasi pada kegiatan berkesenian. Sebanyak 50 anak anak yang disebutkan akan memainkan angklung, bernyanyi lalu menari Ondel ondel, sehingga mereka akan menyatu di seni.

Dalam rangka menyambut Hari Kebaya Nasional pertama yang mana akan jatuh tanggal 24 Juli, MSI juga siap menyambut kegiatan yang dimaksud dengan mengadakan talk show dengan Pengurus Kowani dan juga melakukan Parade Kebaya yang semua dilaksanakan di FSB 2024 ini. 

Artikel ini disadur dari FSB 2024 tampilkan ragam seni budaya nusantara dan UMKM