Sports

Erick Thohir Sebut Kemenangan berhadapan dengan Vietnam dalam Piala AFF U-16 2024 Bukti Tanah Air Tak Kalah Kelas

7
×

Erick Thohir Sebut Kemenangan berhadapan dengan Vietnam dalam Piala AFF U-16 2024 Bukti Tanah Air Tak Kalah Kelas

Sebarkan artikel ini

TEMPO.CO, Solo – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menganggap para pemain Timnas U-16 Indonesia telah terjadi bermain baik pada semua pertandingan pada kompetisi Piala AFF U-16 2024. Menurut dia, Indonesi tak kalah kelas dengan Australia serta Thailand yang tersebut berhasil lolos ke final ASEAN U-16 Boys Championship 2024 itu. 

“Pemain-pemain sudah ada bermain baik. Kalau kita lihat Austalia juara, Thailand nomor dua, kita kalah dari Australia. Tapi kalau yang tersebut saya boleh yakini kita tidak ada kalah kelas mirip mereka. Kita lihat kemenangan Negara Indonesia 5-0 dengan Vietnam, itu bukti bahwa kita tak kalah kelas,” ujar Erick ke Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Rabu malam, 3 Juli 2024 usai pertandingan sesi final Piala AFF U-16 antara Australia vs Thailand.

Namun, Erick mengingatkan agar beberapa evaluasi untuk Timnas U-16 Indonesia bisa jadi berubah menjadi komponen instropeksi, tak hanya sekali untuk pemain tapi juga pelatih. Ia berharap itu dapat menjadi pembelajaran bersama. 

“Cuma bola bundar. Instropeksi buat pelatih, pemain, mungkin saja terlalu bersemangat para pemain apalagi habis gol pertama pada menit ke-4 segera menggebu-gebu akhirnya berbagai melakukan hal-hal fatal, tidak ada disiplin dalam formasi, sehingga kita ada kecolongan, kartu kemudian lain-lain. Ini adalah jadi pembelajaran,” ucap Erick..

Ia pun berterima kasih terhadap pembimbing Nova Arianto. Dia mengkaji regu asuhan Asisten Instruktur Timnas Indonesia senior Shin Tae-yong itu bagus kendati semata-mata dipersiapkan pada jangka waktu pendek. “Tapi fisik ada, mental ada, kalau skill, anak-anak Negara Indonesia dari lahir telah dapat main bola. Tinggal bagaimana fisik, pengertian bermain, mental, kemudian uji coba,” kata dia. 

Setelah kompetisi ASEAN U-16 Boys Championship 2024 tersebut, Erick mengemukakan para pemain akan libur 10 hari. Kemudian merekan akan mulai lagi bergabung ke pelatihan berikutnya di Yogyakarta. 

“Saya juga mengucapkan terima kasih untuk Pak Pemimpin wilayah (Pj Pengelola Jawa Tengah, Nana Sudjana) juga Pak Wali Perkotaan (Wali Pusat Kota Solo Gibran Rakabuming Raka) yang dimaksud terus bersemangat mengadakan event ini. Sebagai tuan rumah, Solo saya harapan tak bosan-bosan untuk mengadakan event-event menarik lagi,” ucap dia.

 Pesepak bola Timnas Tanah Air Dafa Zaidan El Fikri berebut bola dengan pesepak bola Timnas Vietnam Nguyen Thai Hieu (kanan) pada pertandingan perebutan juara ketiga Piala AFF U-16 ke Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Rabu, 3 Juli 2024. Timnas U-16 Indonesia berpesta gol ke gawang Vietnam di laga perebutan peringkat ketiga ASEAN U-16 Boys Championship atau Piala AFF U-16 2024. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha.

Artikel ini disadur dari Erick Thohir Sebut Kemenangan atas Vietnam di Piala AFF U-16 2024 Bukti Indonesia Tak Kalah Kelas