Teknologi

BMKG Isyarat Cuaca Ibukota Indonesia Berawan Sepanjang Kamis, Kondisi Lingkungan Tidak Optimal

11
×

BMKG Isyarat Cuaca Ibukota Indonesia Berawan Sepanjang Kamis, Kondisi Lingkungan Tidak Optimal

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi serta Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah administrasi DKI Jakarta diantaranya Kepulauan Seribu berawan pada Kamis siang juga malam, 27 Juni 2024.

Pada Kamis pagi, Ibukota Indonesia Barat diprediksi berawan sementara wilayah Ibukota lainnya berawan tebal, demikian disitir Antara dari BMKG. Pada siang hari seluruh kawasan Ibukota Indonesia berawan seperti Ibukota Pusat, Ibukota Indonesia Timur, Ibukota Indonesia Utara, juga Kepulauan Seribu, DKI Jakarta Selatan juga Ibukota Barat.

Kondisi ini berlanjut hingga waktu malam harinya, seluruh wilayah Ibukota Indonesia diprediksi berawan kemudian kemungkinan bertahan hingga dini hari, kecuali Kepulauan Seribu, Ibukota Indonesia Utara juga Ibukota Indonesia Pusat yang tersebut kemungkinan cerah berawan.

Suhu rata-rata hari ini di dalam DKI Jakarta berkisar 23-32 derajat Celcius dengan kelembapan udara berkisar 70-100 persen.

Sebelumnya, BMKG berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Ibukota dan juga Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memodifikasi cuaca Jakarta. Kepala Pelaksana BPBD DKI DKI Jakarta Isnawa Adji memaparkan sesuai arahan Pj Gubernur, pasukan melakukan teknologi penyempurnaan cuaca (TMC) ke Jakarta, seiring dengan status udara ke DKI DKI Jakarta yang tersebut sedang menjadi lebih parah beberapa hari ini.

Sementara berdasarkan data laman pemantau kualitas udara Organisasi Pemantau Kualitas Udara pada pukul 00.43 WIB, indeks kualitas udara (AQI) ke DKI Jakarta berada dalam urutan pertama dengan nomor 158 atau masuk pada kategori tidak ada sehat.

Kondisi ini menempatkan Pusat Kota DKI Jakarta sebagai kota kedua bumi yang mana miliki udara yang dimaksud buruk setelahnya Kinshasha Kongo dengan nilai 204 atau sangat tak sehat.

Artikel ini disadur dari BMKG Prediksi Cuaca Jakarta Berawan Sepanjang Kamis, Kondisi Udara Tidak Sehat