Sports

Begini Komentar Erick Thohir Usai Timnas U-16 Tanah Air Jadi Peringkat Ketiga Piala AFF U-16 2024 Usai Kalahkan Vietnam 5-0

10
×

Begini Komentar Erick Thohir Usai Timnas U-16 Tanah Air Jadi Peringkat Ketiga Piala AFF U-16 2024 Usai Kalahkan Vietnam 5-0

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyambut positif kemenangan Timnas U-16 Tanah Air menghadapi Vietnam 5-0 yang mana menimbulkan Garuda Muda finis di dalam peringkat ketiga Piala AFF U-16 2024 atau yang mana sekarang bernama ASEAN U-16 Boys Championship, Rabu, 3 Juli 2024. 

Meski secara hitungan skuad asuhan Nova Arianto menang dengan skor telak ke pertandingan yang mana berlangsung ke Stadion Manahan Solo, hasil itu tak didapat dengan mudah. Muhammad Zhaby Gholy serta rekan-rekannya baru bisa jadi mencetak gol pada tambahan waktu pada sesi pertama. 

Zahaby Gholy membuka skor pada menit 45+1′. Berikutnya, Dafa Zaidan menambah keunggulan pada menit ke-45+4′. Tiga gol tambahan terjadi pada sesi kedua melalui Daniel Alfrido yang mana masuk dari bangku cadangan pasca jeda turun minum pada menit ke-75. Lalu, Gholy mencetak gol keduanya pada menit ke-78. Berikutnya, gol kelima dibuat Daniel. Dua gol terakhir Negara Indonesia berjalan berkat assist dari Mierza Firjatullah.

Kemenangan telak itu diraih pasca Indonesi kalah 3-5 dari Australia di dalam sesi semifinal pada Mulai Pekan lalu. Kala itu, Mierza serta rekan-rekannya permanen mencoba memberikan perlawanan ketat meskipun bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-18 setelahnya Raihan Apriansyah diganjar kartu warna kekuningan kedua.

“Saya bangga Tim Nasional U-16 menang lawan Vietnam dengan jumlah keseluruhan gol yang mana besar. Namun, kita jangan menjadi besar kepala. Justru kekalahan dari Australia kemarin harus jadi bagian dari introspeksi diri, baik dari pemain maupun pelatih. Apalagi kita masuk ke turnamen ini sebagai juara bertahan,” ujar Erick Thohir, seperti dikutipkan dari rilis yang mana dibagikan grup media PSSI, Rabu, 3 Juli 2024.

Ia menambahkan peringkat ketiga pada AFF U16 2024 juga kemenangan besar berhadapan dengan Vietnam ini menjadi modal menuju pertandingan kualifikasi Piala AFC U-17 2025 yang mana akan diselenggarakan di dalam Surabaya pada 19-27 Oktober mendatang.  Pasukan Garuda tergabung di grup G sama-sama Australia, Kuwait, dan juga Kepulauan Mariana Utara.

“Di laga-laga itu, kita harus membuktikan bahwa Timnas kita lebih tinggi baik dari hari ini. Bisa bangkit dari kekalahan, setelah itu cetak gol banyak, menunjukkan kita punya mental pemenang,” ujarnya.

Artikel ini disadur dari Begini Komentar Erick Thohir Usai Timnas U-16 Indonesia Jadi Peringkat Ketiga Piala AFF U-16 2024 Usai Kalahkan Vietnam 5-0