Otomotif

Bedah layanan ADAS pada NETA V-II, ada apa saja?

11
×

Bedah layanan ADAS pada NETA V-II, ada apa saja?

Sebarkan artikel ini
Bedah layanan ADAS pada NETA V-II, ada apa saja?

Ibukota Indonesia (ANTARA) – Teknologi pintar yang mana pada saat ini berubah jadi daya saing pada bidang otomotif ialah Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), fasilitas ini juga ditawarkan pada produk-produk terbaru NETA, yakni NETA V-II.

ADAS berfungsi untuk meningkatkan keamanan lalu kenyamanan berkendara ke mana teknologi ini menggabungkan sensor, kamera juga sistem pintar menggunakan kecerdasan buatan (AI) yang mana dapat mendeteksi area mobil sehingga membantu pengemudi mengurangi peluang kecelakaan pada waktu sedang berkendara. 

Kelengkapan serta ragam ciri pada ADAS yang dimaksud ditawarkan tiap mobil pun beragam. Menurut siaran pers, Senin, NETA V-II memiliki fasilitas Smart Driving dengan 9 fungsi ADAS.

Fitur pertama ialah Forward Collision Warning (FCW). Teknologi ini mampu mendeteksi objek pada sekitar depan kendaraan yang digunakan memiliki kemungkinan tertabrak, kemudian akan memberikan peringatan serius terhadap pengemudi.

Baca juga: NETA mulai produksi mobil listrik V-II ke Bekasi

FCW berhubungan segera dengan fasilitas kedua mobil ini yakni Automatic Emergency Braking (AEB).

Ketika mobil mendeteksi objek yang tersebut berpotensi mengakibatkan tabrakan, sistem akan melakukan bantuan pengereman otomatis untuk menghurangi dampak tabrakan.

Selanjutnya, NETA V-II juga telah lama dilengkapi Front Vehicle Start Alert (FVSA), berfungsi mendeteksi pergerakan objek yang dimaksud ada di mobil.

Saat keadaan berhenti pada lampu merah, serta rambu-rambu berubah hijau, kemudian kendaraan di dalam depan NETA V-II bergerak maju, sistem akan memberikan peringatan serius dalam bentuk pernyataan terhadap pengendara bahwa kendaraan di dalam depan telah terjadi melaju.

Baca juga: Ini alasan NETA lebih banyak dulu umumkan biaya NETA V-II varian tertinggi

Fitur Full- Speed Adaptive Cruise Control (ACC) pada mobil ini membantu mobil berakselerasi juga deselerasi secara otomatis, menyesuaikan kecepatan kendaraan pada depannya.

Tak cuma itu, mobil yang dirancang untuk menunjang mobilitas perkotaan ini juga dilengkapi fasilitas ADAS Traffic Jam Assist (TJA).

Sistem ini adalah bagian dari Adaptive Cruise Control (ACC) yang digunakan membaca jarak mobil dalam depannya dan juga membantu mobil berakselerasi juga deselerasi secara otomatis pada waktu berada di kemacetan atau pada waktu dalam jalan raya, memberikan pengalaman berkendara yang mana nyaman, juga menurunkan kelelahan berkendara ketika macet.

Baca juga: NETA targetkan jualan 10 ribu mobil listrik tahun ini

NETA V-II dapat melaju dan juga mempertahankan kecepatannya sesuai hitungan yang dimaksud sudah pernah ditentukan dengan minimal kecepatan pada melawan 60 km/jam, berkat layanan Intelligent Cruise Assist (ICA).

Sistem ini membantu menyimpan mobil agar terus-menerus berada pada jarak yang mana aman dari mobil ke depan. Umumnya ICA senyaman digunakan ketika melaju di dalam jalan tol.

Lebih lanjut, NETA V versi terbaru ini juga telah dilakukan dibekali Lane Departure Warning (LDW). Fitur ini membantu mendeteksi apabila mobil pergi dari garis jalur tanpa disengaja dan juga akan memberikan peringatan.

Apabila peringatan keras dari LDW diabaikan oleh pengemudi, maka sistem akan melakukan koreksi pada setir, agar mobil kembali ke lajur yang mana benar. Hal ini merupakan peranan dari fasilitas Emergency Lane Keeping System (ELKS).

Baca juga: Perbedaan NETA V-II dengan versi lalu, ada ADAS walaupun lebih lanjut murah

Fitur pintar terakhir dari SUV berukuran ringkas ini adalah High Beam Assist (HBA), yang mana memungkinkan lampu depan mobil secara otomatis beralih antara lampu sangat kemudian lampu dekat, tergantung pada status tak lama kemudian lintas.

“Mengingat keadaan jalanan di dalam Indonesia, khususnya dalam area perkotaan yang tersebut begitu padat rutin menimbulkan pengendara cepat lelah lalu kurang awas. Dengan fasilitas ADAS ini, beban pengendara dapat berkurang dapat memberikan bantuan juga menghurangi dampak ketika terjadi tabrakan,” ungkap Product Planning Manager PT NETA Auto Tanah Air Jordy Angkawidjaja.

Dilego seharga Rp299 jt (On the road Jakarta), NETA V-II juga ditawarkan dengan berubah-ubah keuntungan, seperti garansi seumur hidup, gratis keseimbangan PLN Mobile Rp2,5 juta, hingga gratis wall charging beserta instalasi.

Baca juga: NETA V-II dibanderol dengan harga jual Rp299 juta

Artikel ini disadur dari Bedah fitur ADAS pada NETA V-II, ada apa saja?