Otomotif

Apa itu SPBU? Ini adalah penjelasan juga jenis-jenis nya

1
×

Apa itu SPBU? Ini adalah penjelasan juga jenis-jenis nya

Sebarkan artikel ini
Apa itu SPBU? Hal ini adalah penjelasan juga jenis-jenis nya

Jakarta (ANTARA) – SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar atau pom bensin adalah tempat untuk mengisi unsur bakar minyak (BBM) kendaraan.

Selain itu sistem pelayanan di SPBU juga beragam, ada yang dilayani dengan segera oleh tim dan juga ada self service.

Dilansir dari penelitian jurnal, ada beberapa distributor BBM, seperti Pertamina, Shell, Petronas, juga Total. Distributor Pertamina berubah menjadi pengelola BBM ternama di dalam Indonesia.

Pertamina menyediakan beberapa jenis BBM, seperti premium bersubsidi, pertamax, pertamax plus, solar, solar pertamina DEX, kemudian pertalite.

SPBU Pertamina berubah jadi perusahaan yang dimaksud dimiliki oleh pemerintah, namun Pertamina yang dimaksud berada pada Indonesia tidak ada semua dikelola pemerintah. Ada beberapa SPBU yang mana dikelola oleh swasta.

Bagaimana membedakan SPBU Pertamina yang dikelola oleh perintah serta swasta? Berikut penjelasannya.

Dilansir dari website resmi MyPertamina, terdapat tiga jenis SPBU Pertamina yang dimaksud ada pada Indonesia, hal ini bisa saja dibedakan dari kode yang dimiliki SPBU.

Kode yang dimaksud dimilki SPBU Pertamina

  • COCO (Corporate Owner Corporate Operate), merupakan SPBU yang dimiliki juga dikelola Pertamina langsung
  • CODO (Corporate Owner Dealer Operate), merupakan SPBU yang mana dimiliki Pertamina lalu dikelolah swasta
  • DODO (Dealer Owner Dealer Operate), merupakan SPBU yang mana dimiliki lalu dikelola swasta langsung

Selain kode, SPBU miliki perbedaan jenis dari segi warna. Anda biasa meninjau SPBU berbeda-beda dalam setiap tempatnya? Simak penjelasan ini.

Perbedaa warna SPBU

  • SPBU warna merah, tempat SBPU ini menyediakan prasarana lain yang mana dibutuhkan oleh pembeli BBM, seperti toilet, mushola, minimarket, serta tempat ganti ban juga isi angin.
  • SPBU warna biru, tempat SPBU ini menyediakan infrastruktur yang digunakan lebih besar lengkap, seperti cafe, ATM, cuci kendaraan, tenant makan, dan juga restoran cepat saji.
  • SPBU warna hijau, tempat SPBU ini berkonsep ramah lingkuan yaitu Green Energy Station (GES) dengan adanya infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik umum, stasiun penukaran penyimpan daya kendaraan listrik umum, pembangkit listrik tenaga surya, serta digitalisasi edukasi pertamax series dan juga DEX series.

Namun pemberian kode yang dimaksud tidak ada membedakan nilai juga kualitas. Seluruh SPBU Pertamina, baik dikelola Pertamina dan juga swasta, kekal menerapkan prinsip lalu ketentuan yang mana telah ada.

Artikel ini disadur dari Apa itu SPBU? Ini penjelasan dan jenis-jenis nya