Lifestyle

6 Tempat Wisata Gratis ke Jakarta, dari Perkotaan Tua hingga Taman Literasi Blok M

8
×

6 Tempat Wisata Gratis ke Jakarta, dari Perkotaan Tua hingga Taman Literasi Blok M

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Liburan di dalam Jakarta tak terus-menerus mahal. Sebab, berbagai tempat wisata yang bisa jadi dikunjungi tanpa bayar tiket masuk atau gratis yang tersebut cocok untuk semua usia. Pengunjung sanggup memilih pengalaman yang digunakan beragam dengan kombinasi antara hidup perkotaan yang mana dinamis, warisan budaya yang digunakan kaya.

Dari taman-taman hijau yang menenangkan hingga galeri seni, setiap tempat rekreasi ini menawarkan pengalaman seru. Berikut beberapa tempat wisata gratis pada DKI Jakarta yang dimaksud dapat dikunjungi akhir pekan ini. 

Bocah-bocah menaiki kendaraan beroda dua ontel dalam kawasan Perkotaan Tua ketika liburan sekolah, pada Jakarta, Rabu, 3 Juli 2024. Berdasarkan data pengunjung yang mana dihimpun Unit Pengelola Kawasan (UPK) Pusat Kota Tua, tambahan dari 5.000 pengunjung memadati area Perkotaan Tua ketika libur sekolah. TEMPO/Martin Yogi Pardamean

1. Kawasan kota tua Jakarta

Kawasan Perkotaan Tua DKI Jakarta adalah jantung sejarah ibu kota yang digunakan kaya akan peninggalan kolonial Belanda. Terletak di dalam pusat Jakarta, kawasan ini menawarkan pesona arsitektur kolonial yang tersebut masih terjaga.

Berlibur ke Perkotaan Tua Ibukota adalah cara yang mana sempurna untuk mempelajari sejarah kemudian budaya Nusantara tanpa harus mengeluarkan biaya masuk. Jelajahi keindahan lalu keberagaman Ibukota tanpa biaya masuk dalam tempat-tempat wisata gratis ini. 

Sejumlah warga menikmati pemandangan ke Hutan Pusat Kota Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat, 10 Mei 2024. Warga memanfaatkan hari libur di rangka cuti dengan Kenaikan Yesus Kristus dengan bersantai, menikmati pemandangan gedung-gedung bertingkat di Hutan Daerah Perkotaan GBK yang dimaksud dapat diakses secara gratis. ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso

2. Hutan kota GBK

Area ini merupakan ruang terbuka yang dimaksud luas untuk rekreasi dan juga refreshing dari kesibukan perkotaan. Pengunjung dapat menikmati berjalan-jalan dalam berada dalam pepohonan yang digunakan rindang, jogging dalam jalur sehat yang tersedia, atau sekadar duduk santai sambil menikmati udara segar.

Hutan kota GBK dapat dinikmati tanpa biaya masuk. Jadi, tempat ini bisa jadi berubah menjadi pilihan ideal untuk berlibur di DKI Jakarta tanpa penting mengeluarkan uang.

Suasana Galeri Nasional Tanah Air pada waktu libur Waisak, Jakarta, Kamis, 23 Mei 2024. Banyak karya yang dimaksud dipajang pada pameran seni rupa karya Butet Kartaredjasa bertajuk ‘Melik Nggendong Lali’, merupakan hasil eksplorasi Butet terhadap bermacam medium yang mana mengandung inspirasi dari laku ‘wirid spiritual’ yang ditekuninya selama ini. Karya-karya yang disebutkan dituangkan pada bentuk sketsa, lukisan, sulam, keramik, hingga patung yang digunakan dapat pengunjung nikmati hingga 25 Mei 2024. TEMPO/Martin Yogi Pardamean

3. Galeri nasional

Galeri Nasional adalah sebuah museum seni yang terletak di DKI Jakarta Pusat. Pengunjung dapat menikmati berubah-ubah pameran seni sementara yang digunakan menghadirkan karya-karya seniman Tanah Air terkemuka, juga acara-acara seni yang dimaksud beragam seperti lokakarya, diskusi, serta tur museum.

Galeri Nasional bukanlah cuma tempat untuk menghargai seni Indonesia, tetapi juga merupakan destinasi edukatif yang digunakan dapat dinikmati tanpa biaya masuk. Untuk mengunjungi galeri nasional silahkan melakukan reservasi pada website ini (https://gni.kemdikbud.go.id/kunjungi-kami).

Seorang pria membacakan dongeng menggunakan boneka pada turnamen Festival Literasi Ibukota Indonesia pada Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta, Jumat, 8 September 2023. Festival yang dimaksud diselenggarakan di rangka memperingati hari Aksara Internasional sekaligus membantu Ibukota sebagai City of Literature pada kegiatan yang dimaksud diharap dapat menambah minat baca anak hingga masyarakat luas. TEMPO/ Febri Angga Palguna

4. Taman Ismail Marzuki

Taman Ismail Marzuki (TIM) merupakan pusat kebudayaan dan juga seni yang mana terletak ke pusat Jakarta, tepatnya di dalam kawasan Cikini. Pengunjung dapat menikmati berubah-ubah pertunjukan seni, konser musik, pameran seni rupa, juga acara budaya lainnya yang dimaksud kerap diadakan dalam sini.

Selain itu, TIM juga miliki taman yang digunakan menyenangkan untuk berjalan-jalan atau duduk santai. Banyak kegiatan pada TIM dapat dinikmati tanpa biaya masuk, menjadikannya pilihan ideal untuk menghabiskan waktu liburan di sedang kota tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Pengunjung berfoto menggunakan kostum Volendam pada waktu acara Pasar Belanda di Kompleks Erasmus Huis, Jakarta, Minggu, 10 September 2023. ANTARA/Asprilla Dwi Adha

5. Erasmus Huis

Tempat ini menyajikan beraneka kegiatan seni, budaya, dan juga institusi belajar yang memperkenalkan budaya Belanda untuk masyarakat Indonesia. Pengunjung dapat menikmati pameran seni, pertunjukan teater, konser musik, serta acara budaya lainnya yang mana diadakan secara berkala dalam Erasmus Huis.

Selain itu, Erasmus Huis menawarkan atmosfer yang digunakan santai kemudian ramah, membuatnya menjadi destinasi menyita perhatian untuk menghabiskan waktu tanpa biaya masuk.

Sejumlah warga hadir pada peresmian Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Blok M, Ibukota Indonesia Selatan, Ahad, 18 September 2022. Taman yang dimaksud dibangun oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Ibukota Indonesia PT Mass Rapid Transit (MRT) DKI Jakarta yang disebutkan dibangun untuk menjadi ruang baca sekaligus ruang berkreativitas kemudian bertukar ide bagi seluruh lapisan masyarakat. ANTARA/Aditya Pradana Putra

6. Taman Literasi blok M

Taman Literasi Blok M adalah sebuah inisiatif ruang rakyat yang tersebut didedikasikan untuk literasi juga membaca ke tengah-tengah keberadaan perkotaan Jakarta. Tempat ini menawarkan berubah-ubah infrastruktur untuk membaca lalu belajar, seperti perpustakaan mini, area duduk yang nyaman, kemudian banyak kali menyelenggarakan beragam kegiatan terkait literasi, seperti baca buku bersama, diskusi buku, dan juga workshop kreatif.

Tempat ini tidaklah memungut biaya masuk sehingga berubah jadi destinasi yang dimaksud mendebarkan untuk berlibur juga belajar ke Jakarta.

Pilihan Editor: Menyambangi Kampung Arab Pekojan, Melihat Sejarah Islam ke Perkotaan Tua Jakarta

Artikel ini disadur dari 6 Tempat Wisata Gratis di Jakarta, dari Kota Tua hingga Taman Literasi Blok M