Kesehatan

5 Tips Mudah Memilih Ikan Segar

5
×

5 Tips Mudah Memilih Ikan Segar

Sebarkan artikel ini

Jakarta – Makan ikan segar dengan yang mana tidaklah tentu rasanya beda. Karena itu Anda penting mengetahui cara memilih ikan segar pada waktu membeli dalam pangsa atau supermarker.

Dilansir dari Times of India, berikut lima tips memilih ikan segar .

1. Bau ikan

Mencium bau ikan adalah cara terbaik untuk menegaskan bahwa ikan masih layak dikonsumsi. Ikan segar miliki aroma yang mana ringan serta bukan memiliki bau menyengat atau asam. Selain itu, bau amis yang tersebut kuat pada ikan juga menunjukkan ikan telah terjadi busuk atau telah terjadi diawetkan dengan komponen kimia.

2. Mata ikan tidak ada berubah

Untuk memeriksa kesegaran ikan bisa saja juga melalui matanya. Pastikan mata ikan tiada mempunyai lapisan kusam keputihan atau tidak ada tampak cekung. Mata ikan segar akan berkilau serta cerah. Ikan dengan mata yang tersebut kusam menunjukan bahwa ikan yang dimaksud sudah membusuk.

3. Tekstur yang mana kuat

Ikan segar mempunyai tekstur yang tersebut kuat ke bagian luar maupun dalamnya. Daging ikan segar selalu memantul kembali ketika disentuh. Kulit ikan segar juga mempunyai sisik yang digunakan rapat. Ikan dengan sisik yang dimaksud gampang terlepas menunjukan bahwa ikan yang disebutkan sudah membusuk.

4. Periksa penampilannya

Hal pertama yang harus dikerjakan ketika memilih ikan yang mana sempurna adalah mengamati penampilannya. Pastikan tubuh ikan miliki tekstur yang sedikit licin juga tidak ada ada inovasi warna pada dagingnya. Ikan segar yang dipotong bermetamorfosis menjadi beberapa bagian juga terus-menerus mengeluarkan darah lalu berwarna merah cerah.

5. Periksa insangnya

Untuk memverifikasi bahwa ikan masih segar adalah dengan cara mengangkat insang serta periksa apakah bagian di ikan masih berwarna kemerahan. Ikan segar juga miliki tekstur yang digunakan basah lalu tak akan kering. 

Artikel ini disadur dari 5 Tips Mudah Memilih Ikan Segar