Lifestyle

5 Tips Melindungi Paspor agar Tak Hilang atau Mengalami Kerugian ketika Traveling

6
×

5 Tips Melindungi Paspor agar Tak Hilang atau Mengalami Kerugian ketika Traveling

Sebarkan artikel ini

JakartaPaspor berubah menjadi identitas resmi pelancong ketika berada ke luar negeri. Jadi, paspor yang mana hilang atau rusak sanggup berubah menjadi pengalaman yang digunakan buruk, teristimewa di mana sangat dari konsulat yang digunakan dapat membantu mengatasinya. 

Seperti uang, paspor juga penting dijaga dengan baik. Jadi, simpan paspor sebaik mungkin saja ketika bepergian lalu pastikan paspor itu aman di tas atau apa pun yang tersebut kemungkinan besar bawa kemana-mana.

Berikut tips melindungi paspor pada waktu traveling pada luar negeri, seperti dilansir dari Insider. 

1. Tinggalkan paspor dalam hotel

Meskipun paspor adalah bentuk tanda pengenal, pelancong mungkin saja tidaklah perlu membawanya sepanjang hari pasca mencapai tujuan. Menurut Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, salah satu cara untuk mengamankannya adalah meninggalkan paspor di dalam rumah atau hotel, seperti yang dikerjakan dengan barang berharga lainnya.

Selain aman dari pencurian atau tertinggal, paspor juga akan terlindungi dari air atau kelembapan yang digunakan mampu merusak halamannya. Tanda pengenal sekunder seperti salinan paspor sanggup dibawa-bawa sebagai pengganti.

2. Siapkan beberapa salinan

Memiliki berbagai salinan paspor sangat penting untuk keadaan darurat.

“Buatlah dua salinan halaman ID paspor Anda, yaitu halaman dengan foto Anda, tanggal lahir Anda, dll. Hal ini sanggup terdiri dari scan gambar atau hard copy. Berikan satu salinan untuk seseorang yang mana Anda percaya apabila Anda wajib menghubungi dia pada waktu di perjalanan. Bawalah salinan lainnya,” demikian saran web web Travel Insurance Review.

3. Sering-seringlah memeriksanya

Ada baiknya rutin memeriksa paspor di dalam tempat penyimpanannya untuk memverifikasi masih aman. Semakin rutin melakukannya, semakin mudah-mudahan untuk melacaknya jikalau salah menaruhnya. 

4. Pakai tas pinggang

Bawa tas pinggang atau money belt mungkin saja ketinggalan zaman, tapi ini adalah adalah cara paling aman untuk bawa uang kemudian paspor pada waktu bepergian, menurut Travel Insurance Review.

“Sabuk uang menyimpan barang-barang penting dalam tempat yang dimaksud aman (tidak seperti saku belakang celana), tidaklah terlihat oleh calon pencuri dan juga disimpan pada balik pakaian,” saran pengguna Quora Erica Palzeck.

5. Jangan serahkan ke pendatang lain

Meskipun nampaknya aman memberikan semua paspor untuk khalayak yang dimaksud paling bertanggung jawab pada perjalanan, hal ini sebenarnya tidak ada disarankan. Sebab, jikalau beliau dicopet atau kehilangan tas, seluruh paspor akan hilang.

Setiap pendatang harus bertanggung jawab melawan paspornya sendiri apabila memungkinkan. Itu berarti pelancong juga bukan boleh meninggalkannya ke meja hotel, menurut The Daily Mail.

Artikel ini disadur dari 5 Tips Melindungi Paspor agar Tak Hilang atau Rusak saat Traveling